Minggu, 25 Maret 2018

3 Akibat dari Pengenceran Susu Formula Bayi yang Tidak Sempurna

Anda harus melakukan pengenceran susu formula bayi yang benar dan tepat sebelum memberikannya kepada bayi Anda. Jika tidak, maka sistem pencernaan bayi tidak bisa menerima dan akan mengakibatkan gangguan pencernaan. Bahkan banyak kasus bayi yang meninggal karena hal sepele ini. Berikut penjelasan lebih jelas tentang akibat yang dapat terjadi.

Pengenceran Susu Formula Bayi

1. Bayi Akan Mengalami Sembelit Setelah Minum Susu
Susu formula yang masuk memang bisa diterima oleh pencernaan bayi namun tidak dapat diolah sebagaimana mestinya. Sehingga menyebabkan bayi susah buang air besar karena mengalami tinja yang keras. Ciri-ciri sembelit pada bayi Anda yaitu pertama, wajah bayi akan mengalami kemerahan.

Kedua, bayi akan menangis saat melakukan BAB. Ketiga, bayi akan berusaha mengejan untuk mengeluarkan tinjanya. Kelima, bayi akan mengalami frekuensi penurunan BAB dari biasanya. Penyakit sembelit ini, jika tidak segera diatasi akan menimbulkan risiko. Di mana sembelit yang berlangsung lebih dari 4 minggu, maka sudah dikategorikan sebagai sembelit kronis.

Dampak jangka panjang yang terjadi dari penyakit sembelit kronis ini adalah frekuensi kuman-kuman di usus akan menjadi semakin menumpuk dalam jumlah yang besar. Kemudian akan mengakibatkan terjadinya infeksi pada usus bayi Anda. Bila tetap tidak segera ditangani maka bayi Anda akan mengalami sepsis hingga mengancam nyawanya.

2. Bayi Mengalami Mencret dan Muntah
Bayi Anda akan mengalami mencret karena menerima susu yang terlalu kental. Bayi yang kesulitan melakukan pencernaan terhadap susu, membuat susu harus kembali dikeluarkan melalui anus. Hal ini lah yang dapat membuat bayi Anda sering mengalami mencret. Mencret yang sering dianggap hal sepele tetapi dapat mengakibatkan hal yang fatal.

Seperti yang Anda ketahui bahwa mencret dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi pada bayi. Selain itu, mencret juga memicu terjadinya infeksi saluran pencernaan atas. Penolakan usus bayi terhadap larutan susu yang terlalu kental juga dapat mengakibatkan muntah karena adanya kontraksi yang terjadi di antara dinding lambung dan usus.

3. Bayi Akan Mengalami Kejang Pada Usus
Kejang usus dapat terjadi karena bayi mengonsumsi susu yang terlalu kental. Ciri-ciri bayi Anda mengalami kejang usus yaitu bayi menangis dengan sangat keras dan juga disertai dengan buang angin. Anda juga bisa mengetahuinya dengan merasakan perut bayi yang menegang.  Kondisi ini dalam jangka panjang akan mengakibatkan terganggunya asupan nutrisi pada bayi Anda.

Anda bisa menghindari 3 akibat di atas dengan melakukan pengenceran susu formula bayi dengan tepat. Cara yang Anda lakukan yaitu mengikut aturan pakai yang telah tertera di belakang kemasan. Ikuti dengan benar takaran susu yang telah diberikan. Hal ini diutamakan bagi bayi yang pencernaannya masih sensitif dan gunakan air hangat dalam melarutkan susunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar